Jumat, 11 Juli 2014

RPP Hukum Dasar Kimia



Hukum Dasar Kimia

A.    Kompetensi Inti

KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
3.11  Menerapkan konsep massa atom relatif dan massa molekul relatif, persamaan reaksi,  hukum-hukum dasar kimia, dan  konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia


C.    Indikator
2.1.1        Jujur dalam menggunakan data percobaan untuk membuktikan suatu hukum kekekalan massa (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan data percobaan)
2.1.2        Meganalisis data untuk melakukan pembuktian hukum kekekalan massa (Lavoisier) secara runut dan konsisten terhadap langkah-langkah serta kebenaran hasil dengan teliti
3.11.1  Membuktikan hukum kekekalan massa (Lavoisier) melalui perhitungan

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Jujur dalam menggunakan data percobaan untuk membuktikan suatu hukum kekekalan massa (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan data percobaan)
2.      Menganalisis data percobaan untuk membuktikan hukum kekekalan massa (Lavoisier) secara runut dan konsisten terhadap langkah-langkah serta kebenaran hasil dengan teliti
3.      Secara mandiri siswa dapat membuktikan hukum kekekalan massa (Lavoisier) melalui perhitungan

E.  Penilaian
a.      Psikomotor
Siswa dibentuk dalam kelompok kecil beranggotakan 4 orang dan diberikan tugas untuk melakukan percobaan tentang hukum kekekalan massa\
Penilaian Kelompok
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
1
Ketepatan dalam menggunakan alat



2
Keterampilan dalam melakukan praktikum






Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Ketepatan dalam dan menggunakan alat
Skor 3 : Tepat dalam memilih alat dan menggunakannya sesuai dengan prosedur
Skor 2 : Tepat dalam memilih alat tetapi dalam penggunaannya kurang sesuai dengan prosedur
Skor 1 : kurang tepat dalam memilih alat dan menggunakannya tidak sesuai dengan prosedur
2
Keterampilan dalam melakukan praktikum
Skor 3 : Terampil dalam melakukan praktikum sesuai dengan prosedur
Skor 2 : Terampil dalam melakukan praktikum tetapi kurang sesuai dengan prosedur
Skor 1 : kurang terampil dalam melakukan praktikum dan tidak sesuai dengan prosedur

b.      Afektif
NO
Aspek yang dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
1
Jujur dalam menggunakan data hasil percobaan sesuai dengan hasil praktikum




2
Ketelitian dalam menggunakan data hasil percobaan dan melakukan perhitungan




3
Kejujuran dalam mengolah data untuk membuktikan hukum kekekalan massa (Lavoisier) dan dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS






Kriteria Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Rubrik
1.
Ketelitian dalam menggunakan data hasil percobaan dan melakukan perhitungan
3: teliti dalam menggunakan data hasil percobaan  dan perhitungan
2: teliti dalam menggunakan data hasil percobaan tetapi masih kurang tepat dalam perhitungan
1: Kurang teliti dalam menggunakan data hasil percobaan dan perhitungan
2
Kejujuran dalam mengolah data
untuk membuktikan hukum kekekalan massa
 dan dalam menyelesaikan
masalah yang ada di LKS
3:  menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan hukum kekekalan massa dan menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah.
2:  menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan hukum kekekalan massa, namun kurang menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah (masih berusaha meminta jawaban teman/menyontek) terutama pada kegiatan individu.
1:  tidak menunjukkan kejujuran dalam menggunakan
data hasil percobaan (mengubah data agar sesuai
dengan hukum kekekalan massa) dan berusaha mencari
jawaban dari teman lain dengan cara menyontek
untuk menyelsaikan tugas individu


c.       Kognitif
1.      Siswa diberikan LKS untuk mengerjakan soal essay tentang hukum kekekalan massa.
2.      Siswa dikatakan berhasil jika telah dapat menyelesaikan minimal 70% soal perhitungan dalam LKS yang diberikan
3.      Jika jawaban benar diberikan skor 50 pada tiap soalnya
Soal
1.      Dalam wadah tertutup 4 gram logam Natrium dibakar dengan oksigen menghasilkan natrium oksida,. Jika massa natrium oksida yang dihasilkan adalah 5,6 gram, berapakah massa oksigen yang dibutuhkan?
2.      Pada pembakaran 2,4 gram magnesium di udara dihasilkan 4 gram oksida magnesium. Berapa gram oksigen yang terpakai dalam reaksi itu?
Kunci jawaban
1.        mNa = 4 gram 
mNaO = 6 gram
mNa + mO2 = mNaO
mO2 = mNaO – mNa
= (5,6 – 4 ) gram
= 1,6 gram               
2.        mMg = 2,4 gram
mMgO = 4 gram
mMg + mO2 = mMgO
mO2 = mMgO – mMg
= (4- 2,4) gram

= 1,6 gram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singgah di perjalanan PLBN ARUK-SAJINGAN bunga di PLBN