Jumat, 05 September 2014

Artikel Boron

BORON

Boron adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang B dan nomor atom 5. Elemen metaloid trivalen, boron banyak terdapat di batu borax. Ada dua alotrop boron; boron amorfus adalah serbuk coklat, tetapi boron metalik berwarna hitam. Bentuk metaliknya keras (9,3 dalam skala Moh) dan konduktor yang buruk dalam suhu ruang. Boron adalah unsur kimia yang banyak ditemukan di kerak bumi. Unsur ini terbentuk pada batubara, lautan, batuan sedimen, dan dalam beberapa jenis tanah.
a.         Sejarah
Boron pertama kali ditemukan pada tahun 1808 oleh LJ Thenard dan Joseph L. Gay-Lussac, dua kimiawan Perancis yang mereaksikan natrium dengan asam borat untuk mengisolasi boron. Unsur ini juga berhasil diisolasi oleh Sir Humphry Davy secara terpisah. Boron dalam bentuk murni diproduksi pada tahun 1909 oleh W. Weintraub, seorang ahli kimia Amerika. Unsur ini terjadi secara alami dalam bentuk bubuk berwarna kecoklatan dan juga dalam bentuk kristal. Boron juga ditemukan di mata air vulkanik dalam bentuk asam borat.
Logam tahan panas bisa dihasilkan dengan memadukan borat, colemanite, kernite, dan ulexite. Karena boron bersifat metalloid (memiliki sifat-sifat logam dan non-logam), penggunaan boron antara lain sebagai penghantar listrik dan juga sebagai semi-konduktor. Boron terutama diproduksi di Turki dan Amerika Serikat karena boron alami sangat sulit ditemukan. Unsur ini diperkenalkan di Eropa pada tahun 1200-an oleh Marco Polo, yang adalah seorang penjelajah.
b.        Ciri-ciri dan sifat
Boron muncul secara alami sebagai campuran isotop 10B sebanyak 19.78% dan isotop 11B 80.22%. Kristal boron murni dapat dipersiapkan dengan cara reduksi fase uap boron triklorida atau tribomida dengan hidrogen pada filamen yang dipanaskan dengan listrik. Boron yang tidak murni (amorphous boron) menyerupai bubuk hitam kecokletan dan dapat dipersiapkan dengna cara memanaskan boron trioksida dengan bubuk magnesium.
c.         Proses pembuatan
Boron (B) tidak terlalu banyak diproduksi dalam laboratorium karena telah dapat diperoleh secara komersial. Secara umum, Boron (B) berasal dari tourmaline, boraks [Na2B4O5(OH)4.8H2O], dan kernite [Na2B4O5(OH)4.2H2O]. Unsur ini susah diperoleh dalam bentuk murni karena titik lelehnya yang tinggi (2250 ˚C) dan sifat korosif cairannya. Ia dibuat dalam kemurnian 95 – 98% sebagai bubuk amorf dengan reduksi B2O3 dengan Mg, diikuti dengan pencucian produknya dengan larutan NaOH, HCl, dan HF.
B2O3 + 3Mg → 2B + 3MgO
d.        Kegunaan
Boron adalah metalloid alami yang memiliki banyak aplikasi. Boron juga diproduksi secara komersial. Berikut adalah beberapa kegunaan boron:
1.        Boron digunakan dalam kembang api untuk memberikan warna hijau.
2.        Boron juga digunakan dalam roket sebagai bahan bakar untuk pengapian.
3.        Boron-10 digunakan sebagai perisai perlindungan terhadap radiasi dan dijadikan detektor neutron dalam reaktor nuklir. Ini disebabkan boron-10 dikenal sebagai penyerap neutron yang baik.
4.        Dalam industri semikonduktor, boron digunakan sebagai dopan untuk semikonduktor seperti silikon, silikon karbida, dan germanium.
5.        Boron digunakan dalam pembuatan banyak peralatan olahraga seperti tongkat golf dan alat pancing. Unsur ini juga digunakan dalam industri kedirgantaraan untuk membuat badan pesawat dan bagian lain.
6.        Sodium tetraborate pentahidrat (Na2B4O7) merupakan senyawa boron yang digunakan untuk membuat produk pembersih seperti deterjen dan pemutih.
7.        Rompi antipeluru dan kendaraan lapis baja terbuat dari boron karbida.
8.        Boron digunakan dalam industri keramik dan kaca dalam bentuk kaca borosilikat karena memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap perubahan suhu dan memiliki koefisien ekspansi termal rendah.
9.        Boron adalah bahan utama dalam pembuatan pengontrol hama, suplemen tanah, bahan kimia pertanian, dan pupuk.
10.    Sodium perborate, yang merupakan senyawa boron, merupakan sumber oksigen aktif dan digunakan dalam pembuatan produk pembersih, deterjen, dan formula pemutih gigi.

e.         Penanganan
Unsur boron dan borat tidak dianggap berbahaya, dan perlu penanganan spesial. Walau begitu, beberapa senyawa boron hidrogen sangat beracun dan memerlukan penanganan ekstra hati-hati.







DAFTAR PUSTAKA


Anonim. 2014. Boron Fakta Karakteristik dan Kegunaan. (Online). (http://www.amazine.co/25961/boron-b-fakta-sifat-kegunaan-efek-kesehatannya/diakses:06/07/2014).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singgah di perjalanan PLBN ARUK-SAJINGAN bunga di PLBN